Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Mengenal Macam Mental Penulis, Sudahkah kamu Memilikinya?

Mengenal Macam Mental Penulis, Sudahkah kamu Memilikinya?

Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang penulis, kamu perlu tahu kalau kamu harus memiliki mental penulis. Mental penulis ini akan berguna di kala kamu menemui berbagai macam hambatan yang menghadang nantinya.

Mengenal Macam Mental Penulis, Sudahkah kamu Memilikinya?

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi tentang macam-macam mental penulis yang harus penulis miliki. Semoga dengan membacanya, kamu juga akan semangat untuk memilikinya ya.

1. Bisa Bersikap Konsisten

Sebagai seorang penulis, kamu harus bisa konsisten. Maksudnya adalah kamu harus siap untuk selalu mengasah kemampuan dengan cara latihan menulis setiap harinya. Latihan menulis setiap hari akan membuat kemampuan kamu semakin terasah. Tentu, melakukannya bukan hal yang mudah, terutama jika belum terbiasa.

Supaya bisa konsisten, kamu perlu menanamkan pemikiran bahwa menulis dapat kamu lakukan kapan dan di mana saja. Kamu juga bisa mencoba untuk menulis di platform digital. Awalnya bisa jadi kamu akan mengalami kesulitan untuk konsisten, tetapi percayalah kalau hasilnya tidak akan mengecewakan.

2. Berani Menghadapi Kritik

Sebagai penulis yang berkembang di masa media sosial menjadi salah satu bagian dari kehidupan masyarakat luas, kamu perlu memiliki mental berani menghadapi kritik. Sebab, situasi memungkinkan kamu untuk mengetahui secara langsung bagaimana respon pembaca akan tulisanmu. Terutama ketika kamu menulis di platform online.

Ada kalanya, komentar yang berupa kritikan yang bisa jadi membuat kamu terkejut. Tetapi, kamu harus berani menghadapinya sebagai bahan instrospeksi.

Bukan berarti kamu harus selalu menuruti apa yang orang lain katakan tentang ceritamu. Kamu tetap perlu mempertimbangkan setiap saran dan kritik yang datang sebagai bahan perbaikan untuk cerita yang kamu tulis.

3. Tidak Mudah Menyerah

Untuk dapat menghasilkan tulisan apik yang selalu pembaca ingat adalah sebuah perjalanan panjang yang tidak maudah. karena itulah, kamu perlu menanamkan sikap tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap persoalan yang menghadang.

Salah satu contoh yang sering terjadi adalah banyaknya penulis yang tidak menyelesaikan tulisan mereka dengan berbagai macam penyebab. Karena itulah penting sekali bagi seorang penulis untuk memiliki mental tidak mudah menyerah.

4. Selalu Mau Belajar

Dalam dunia menulis, banyak aturan yang perlu penulis ikuti. Umumnya, aturan itu berkaitan dengan tata cara menulis. Contoh yang paling sering penulis gunakan adalah pemakaian tanda baca, imbuhan sampai pemakaian huruf besar yang terkadang masih banyak penulis melakukan kesalahan.

Jika kamu termasuk ke dalam jenis penulis yang masih sering melakukan kesalahan seperti ini, janganlah berkecil hati. Kamu perlu memiliki sikap selalu mau belajar dan memperbaiki kesalahan.

Untuk mengurangi kemungkinan kesalahan, kamu bisa diamkan terlebih dahulu tulisan yang kamu buat selama beberapa saat. Setelahnya, coba baca ulang. Biasanya di waktu seperti itu, penulis sudah akan bisa berpikir lebih jernih sehingga bisa menemukan kesalahan yang dibuat dan segera memperbaikinya.

5. Menjadi Diri Sendiri

Jika ingin menjadi penulis yang selalu pembaca ingat, kamu perlu memiliki rasa siap untuk menjadi diri sendiri. Maksudnya adalah, kamu siap untuk menunjukkan diri kamu melalui tulisan. Dengan begitu, kamu bisa bebas menulis tanpa perlu merasa perlu meniru gaya tulisan orang lain.

Itulah dia beberapa sikap atau mental penulis yang perlu kamu miliki ketika ingin berkecimpung di dunia menulis ini. Meski terlihat tidak mudah, kamu tidak perlu takut karena semuanya akan berjalan dengan proses dan kamu bisa terus berkembang seiring waktu.

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop