Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Profesi Technical Writer: Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan!

Profesi Technical Writer: Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan!

Profesi Technical Writer: Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan!

Technical writer, satu dari sekian lowongan pekerjaan yang akhir-akhir ini mungkin sering kamu temui ketika mencari pekerjaan sebagai penulis. Pekerjaan ini memang seringkali dicari oleh banyak perusahaan. Namun, sebagai orang awam, kamu pasti bertanya-tanya apa itu profesi technical writer, tugas, serta skill yang dibutuhkan untuk menempati posisi tersebut, kan?

Banyak sekali profesi penulis yang sudah umum di luaran sana seperti penulis novel, penulis naskah, content writer, copywriter, dan masih banyak lagi. Namun, tidak seperti penulis-penulis lainnya, technical writer memiliki bidang pekerjaan yang lebih spesifik. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Profesi Technical Writer: Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan!

Artikel ini akan menjelaskan mengenai apa itu technical writer, tugas, serta skill atau kemampuan apa saja yang diperlukan ketika bekerja di bidang ini. Untuk pemaparan lebih lanjut, kamu wajib membaca penjelasannya di bawah ini!

Definisi Technical Writer

Technical Writer adalah seorang penulis yang bertanggung jawab untuk membantu pengguna dalam memahami permasalahan atau hal-hal teknis dengan bahasa yang lebih sederhana. Biasanya penulis akan membuat penjelasan tentang suatu produk yang mungkin sulit dipahami orang awam, menjadi lebih mudah dipahami oleh mereka.

Perbedaan profesi technical writer dengan penulis lainnya adalah technical writer bertugas mengubah bahasa yang kompleks dan bersigat teknikal yang biasanya tidak dipahami oleh masyarakat umum, menjadi bahasa yang mudah dimengerti. Contohnya seperti membuat panduan menggunakan alat elekrtonik, teknik menggunakan aplikasi atau sistem tertentu, dan lain sebagainya.

Tugas Technical Writer

Sudah sempat disinggung sebelumnya mengenai tugas technical writer. Namun, sebenarnya tugas seorang technical writer tidak sesederhana itu, lho. Profesi ini memiliki beberapa tugas tertentu. Berikut ini tugas-tugasnya:

1. Mengidentifikasi audiens

Tugas pertama seorang technical writer adalah mengidentifikasi audiens. Dalam pekerjaan ini penulis sangat perlu memahami target atau sasaran pembaca. Hal tersebut sebagai pendukung ketika penulis menulis tentang permasalahan yang seringkali dihadapi oleh pembaca, untuk kemudian menyesuaikannya sehingga tulisannya bisa dipahami oleh pembaca dengan mudah.

Contohnya seorang technical writer produk gawai mengidentifikasi bahwa banyak konsumen yang mengeluh bahwa gawainya lemot. Maka melalui profesi ini, penulis dapat menulis panduan tentang cara mengatasi gawai yang lemot.

2. Membuat panduan atau tutorial

Tugas kedua dari profesi technical writer adalah membuat panduan atau tutorial. Seperti yang kita tahu bersama tujuan dibuatnya panduan atau tutorial ialah supaya konsumen tidak merasa bingung ketika menggunakan sesuatu.

Biasanya mereka akan mencari berbagai tutorial yang bersifat teknis di situs web yang memang memuat artikel tentang itu yang biasanya ditulis oleh technical writer. Selain itu, panduan atau tutorial yang dibuat musti dipastikan runtut sehingga konsumen atau pembaca dapat dengan mudah memahami dan langsung mempraktekkannya.

3. Policy/term dan condition

Selain menulis mengenai hal-hal yang bersifat teknis, peluang profesi technical writer ini juga bisa menulis hal-hal yang berhubungan dengan policy/term dan conditions. Hal ini tidak kalah penting agar konsumen mengetahui apa saja persyaratan ketika membeli atau menggunakan suatu produk.

4. Membuat FAQ

Pasti kamu pernah mendengar atau membaca tentang FAQ. Namun, sebenarnya apa itu FAQ? FAQ atau Frequently Asked Question adalah sekumpulan pertanyaan yang seringkali menjadi pertanyaanpara pembaca ketika melihat suatu produk. Biasanya di dalam situs web, halaman FAQ dibuat secara khusus agar memberikan pemahaman tentang pertanyaan-pertanyaan umum dari para penggunanya.

5. Membuat product development plan

Tugas seorang technical writer berikutnya adalah membuat product development plan. Technical writer juga harus bisa menjelaskan bagaimana suatu produk dapat dikembangkan untuk kedepannya. Dalam hal ini, technical writer akan menuliskan penjelasan-penjelasan bagaimana suatu produk tertentu akan dapat berkembang di masa yang akan datang.

Skill Technical Writer

Untuk kamu yang ingin memiliki profesi technical writer yang profesional, tentu kamu harus memiliki beberapa skill penting ini. Berikut ini beberapa skill yang perlu kamu miliki:

1. Kemampuan menulis

Skill pertama yakni kemampuan menulis. Untuk bergelut di profesi ini tentu penguasaan kepenulisan adalah hal yang penting. Lebih spesifik, kemampuan kepenulisan seorang technical writer yang utama adalah mampu mengubah bahasa yang sifatnya teknis dan kompleks yang mungkin tidak dipahami masyarakat awam menjadi bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

2. Menguasai produk

Skill berikutnya adaah menguasai produk. Sebelum menulis sebuah panduan atau tutorial suatu produk, seorang technical writer tentu harus mampu memahami produknya terlebih dahulu. Biasanya terdapat sesi product knowledge antara developer dengan technical writer. Untuk menguasai suatu produk, maka penulis harus antusias terhadap perkembangan teknologi atau berbagai hal yang berkaitan dengan produk.

3. Kemampuan meriset

Skill technical writer selanjutnya adalah kemampuan meriset. Dengan melakukan riset maka seorang technical writer akan lebih mudah menyesuaikan tulisan mengenai panduan atau tutorial. Contohnya yakni jika target utamanya adalah ibu rumah tangga, maka sangat penting untuk menghindari kata-kata teknis yang sulit mereka pahami.

4. Berpikir kritis

Untuk menjadi seorang technical writer yang berhubungan erat dengan produk atau layanan. Kemampuan berpikir kritis adalah hal yang perlu kamu miliki. Penulis harus mampu mencerna suatu proses atau langkah-langkah dengan cepat. Dengan kemampuan berpikir kritis ini jugalah seorang penulis bisa mengubah tata bahasa menjadi lebih sederhana.

5. Kemampuan proofreading

Siapa sih penulis yang tidak pernah mendengar istilah proofreading? Proofreading ini sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis penulis, tak terkecuali technical writer.

Proofreading adalah kemampuan dalam mengevaluasi tulisan sehingga menghasilkan tulisan yang lebih baik bagi para pembaca. Oleh karena itu, seorang technical writer harus memiliki kemampuan untuk mengevaluasi tulisan sebelum tahap publikasi.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai profesi technical writer, mulai dari definisi, tugas, hingga skill yang dibutuhkan. Jika kamu berminat menjadi seorang technical writer, kamu bisa mengembangkan skill-mu dari sekarang. Jangan lupa juga pelajari tugas-tuganya. Semoga artikel ini membantu!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop