Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » 7 Keuntungan Menjadi Penulis, Rekomendasi Karier Untukmu!

7 Keuntungan Menjadi Penulis, Rekomendasi Karier Untukmu!

7 Keuntungan Menjadi Penulis, Rekomendasi Karier Untukmu!

Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini pengaruh teknologi yang semakin canggih dan berkembang telah banyak melahirkan berbagai macam profesi yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Jika zaman dulu ditanya ingin menjadi apa? Maka jawabannya pasti tidak terlepas dari profesi guru, dokter, polisi, tentara, dan lain sebagainya.

Namun, di era yang serba modern ini banyak sekali profesi yang muncul dan bisa kamu jadikan pilihan kariermu, salah satunya adalah penulis. Jika kamu memilih berkarier di bidang ini, banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan, lho. Penasaran? Yuk, langsung simak tujuh keuntungan menjadi penulis dalam artikel ini!

7 Keuntungan Menjadi Penulis, Rekomendasi Karier Untukmu!

Penulis merupakan profesi yang beberapa tahun belakangan ini cukup populer dan tengah naik daun. Banyak sekali orang yang menjadikan profesi ini sebagai pilihan karier utama maupun sampingan.

Apalagi banyak jenis penulis yang bisa kamu pilih mulai dari penulis novel, penulis konten, jurnalis, dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini ada tujuh keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih berkarier sebagai penulis.

1. Mendapatkan Penghasilan

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi seorang penulis adalah mendapatkan penghasilan. Tentu hl ini tidak bisa dinafikan, karena tujuan seseorang bekerja salah satunya adalah untuk mendapatkan penghasilan.

Gaji seorang penulis profesional tentu tidak sedikit. Mengingat saat ini adalah masa-masa serba digital yang hampir semuanya membutuhkan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis.

Contoh nyatanya adalah ketika pengenalan atau promosi suatu barang yang pastinya memerlukan keahlian dalam menyusun kalimat-kalimat sehingga mampu membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Namun, jika kamu ingin sampai pada tahap itu, tentu kamu harus rajin-rajin mengasah skill menulismu.

2. Bebas Menentukan Fokus Karier

Keuntungan selanjutnya adalah kamu sebagai penulis bebas menetukan fokus kariermu. Enaknya menjadi seorang penulis, kamu bisa bebas memilih ingin menjadi penulis yang seperti apa, sesuai dengan passion-mu.

Banyaknya jenis penulis menguntungkanmu dalam memilih karier yang kamu suka. Kamu bisa menjadi penulis novel, penulis artikel, penulis naskah, copywriter, technical writer, content writer, dan lain sebagainya.

3. Pekerjaan yang Fleksibel

Jika kamu seorang job seeker atau hanya sekadar mengamati lowongan pekerjaan di bidang kepenulisan, maka kamu pasti sering menemukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat fleksibel. Biasanya pekerjaan di bidang ini cukup banyak yang mencantumkan WFH atau Work From Home, yang berarti kamu bisa bekerja dari rumah tanpa harus pergi ke kantor.

Selain itu, banyak juga lowongan pekerjaan sebagai penulis yang sifatnya freelance atau biasa disebut penulis lepas. Pekerjaan semacam ini memungkinkan kamu bekerja untuk perusahaan tanpa terikat peraturan maupun jam kerja layaknya karyawan. Jadi kamu bisa lebih leluasa dan bebas dalam bekerja. Tentu saja ini keuntungan menjadi penulis yang bisa kamu dapatkan.

4. Menambah Wawasan

Keuntungan berikutnya yakni menambah wawasanmu. Tentu, menjadi seorang penulis mengharuskanmu untuk selalu meng-update pengetahuan yang kamu miliki.

Dengan adanya perkembangan zaman, pastinya ilmu pengetahuan juga akan selalu berkembang. Nah, jika kamu menjadi penulis sudah pasti wawasanmu juga makin berkembang, karena kamu harus menyajikan informasi atau tulisan yang bersifat informatif serta bermanfaat bagi pembaca.

5. Melatih Komunikasi

Percaya atau tidak, nyatanya dengan menulis kemapuanmu dalam berkomunikasi akan semakin terlatih dan berkembang. Jika kamu awalnya berpikir bahwa kemampuan komunikasimu tidak terlalu baik, maka ketika kamu sudah berkarier di bidang ini kemampuanmu pelan-pelan akan bertambah.

Hal itu bukan tanpa alasan, setiap tulisan yang kamu sajikan merupakan caramu berkomunikasi dengan banyak orang. Selain itu, jika hal ini terus kamu lakukan, maka cepat atau lambat kemampuan komunikasimu akan semakin baik.

6. Menambah Relasi

Keuntungan menjadi penulis berikutnya adalah menambah relasi. Memang setiap pekerjaan, pasti akan menghubungkanmu dengan orang-orang di tempatmu bekerja. Namun, dengan menjadi seorang penulis, kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan relasi yang lebih luas, bukan hanya teman sekantor.

Hal tersebut dikarenakan, penulis biasanya memiliki grup atau komunitas yang mewadahi mereka dalam mengembangkan skill maupun sebagai wadah untuk berdiskusi antar sesama penulis. Nah, melalui komunitas semacam ini kesempatanmu mendapatkan relasi tentu akan semakin besar.

7. Bisa Menjamin Kehidupan di Hari Tua

Menjamin kehidupan di masa tua merupakan keuntungan menjadi penulis yang terakhir. Dikarenakan profesi ini tidak ada masa pensiun, maka sudah tentu pekerjaan ini bisa menjamin kehidupanmu di hari tua. Jadi kamu masih bisa tetap produktif menggeluti profesi ini.

Nah, itu tadi tujuh keuntungan menjadi penulis yang bisa kamu jadikan pilihan kariermu. Tentu masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika berkarier di bidang ini. Jadi, apa salahnya untuk mulai mencoba fokus berkarier sebagai penulis? Yuk, mulai bangun kariermu sekarang!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop