Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Ini 5 Cara Membuat Judul Artikel Menjadi Lebih Menarik!

Ini 5 Cara Membuat Judul Artikel Menjadi Lebih Menarik!

Ini 5 Cara Membuat Judul Artikel Menjadi Lebih Menarik!

Salah satu struktur dari artikel yang mempengaruhi minat pembaca ialah judul artikel. Judul artikel menjadi poin utama yang akan terpampang nyata di layar smartphone pembaca. Dengan judul yang menarik, maka pembaca tidak akan ragu untuk meng-klik tulisan tersebut.

Namun, tidak semua penulis aware dengan hal ini. Terkadang mereka hanya membuat judul sesuai dengan isi artikel tanpa diberikan sentuhan editing. Maka dari itu, banyak judul artikel yang terkesan monoton dan kurang efektif. Akibatnya artikelmu menjadi sepi pembaca.

Ini 5 Cara Membuat Judul Artikel Menjadi Lebih Menarik!

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai pedoman untuk membuat judul artikel yang menarik:

1. Buat Judul yang Singkat dan Jelas

Judul yang singkat dan jelas membuat pembaca lebih mudah menemukan tulisanmu di antara ratusan bahkan ribuan artikel lainnya. Tulislah inti pokok dari tulisanmu. Jangan sampai membuat judul yang terlalu panjang dan membuat artikelmu menjadi tidak efekif.

Sebagai contoh, kamu hendak membahas mengenai peningkatan kasus Covid-19 dan pencegahannya. Kamu tidak perlu menulis judul terlalu panjang seperti, “Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Ini Dia 5 Cara Untuk Mempertahankan Daya Tahan Tubuh Supaya Tetap Sehat.” Cukup tulis saja judul singkat seperti, “5 Cara Perkuat Daya Tahan Untuk Menghadapi Covid-19!”

2. Masukkan Keyword

Keyword atau kata kunci ialah pokok bahasan yang ada di dalam artikel. Misalnya saja artikelmu membahas tentang website yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme, maka kamu bisa menggunakan kata kunci plaagiarisme dan website. Masukkan kedua kata kunci tersebut di judul artikel.

Cara ini bertujuan supaya artikelmu bisa muncul di urutan teratas ketika seseorang melakukan penelusuran tentang plagiarisme. Selain itu, penggunaan keyword di judul juga meningkatkan kualitas artikelmu karena ini adalah salah satu kriteria dari artikel yang memenuhi kaidah SEO.

3. Jangan Menggunakan Judul Artikel Clickbait

Clickbait merupakan judul sebuah konten yang terlalu berlebihan, terkadang juga mengandung unsur kebohongan. Clickbait ini digunakan untuk menarik minat pembaca. Salah satu contoh clickbait yang mungkin pernah kamu temukan ialah, “Cara Cepat Hasilkan Uang Dari Rumah,…”

Nah, hindari penggunaan clickbait karena hal ini bisa merusak kualitas tulisan dan membuat kepercayaan pembaca menurun. Jika kamu memang ingin menambahkan clickbait, maka gunakanlah sewajarnya saja.

4. Cantumkan Manfaat dari Artikelmu

Saat ini, banyak orang yang mencari solusi lewat internet. Mereka akan memilah artikel yang bisa memberikan jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi. Nah, kamu bisa menggunakan peluang ini dengan mencantumkan manfaat dari membaca artikelmu di judul.

Sebagai contoh, artikelmu membahas tentang bagaimana cara mengatasi virus di komputer. Tuliskan manfaat dari artikelmu di judul seperti, “Cara Mengatasi Virus di Laptop dalam Lima Menit Langsung Bisa!” Nah, kata lima menit langsung bisa pasti akan membuat pembaca langsung memilih artikelmu.

5. Gunakan Kalimat Tanya dan Angka

Buatlah sebuah judul dengan kalimat tanya sesuai dengan apa yang dirasakan pembaca. Hubungkan juga kalimat tanya tersebut dengan isi tulisanmu. Contoh dari kalimat tanya yang ada di dalam judul misalnya, “Apa Saja Sih yang Harus Dipersiapkan Untuk Interview Kerja?”

Selain kalimat tanya, kamu juga  bisa menyelipkan unsur angka di dalam judul artikelmu. Hal ini berlaku jika isi artikelmu memang memuat perincian, misalnya “7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja.”

Nah, itu dia beberapa cara untuk membuat judul artikel menjadi lebih menarik. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop