Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » 9 Jenis Genre Novel Terpopuler, Mana yang Kamu Suka?

9 Jenis Genre Novel Terpopuler, Mana yang Kamu Suka?

9 Jenis Genre Novel Terpopuler, Mana yang Kamu Suka?

Novel merupakan karya sastra berbentuk prosa panjang yang memuat rangkaian cerita dari kehidupan para tokohnya. Banyaknya novel yang lahir dari berbagai penulis tentu memunculkan beragam genre novel sesuai dengan gaya penulisnya. Nah, artikel ini akan memaparkan sembilan jenis genre novel terpopuler, simak sampai habis, ya!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap jenis genre novel pasti memiliki ciri khas masing-masing. Tidak jarang dalam membuat novel, penulis akan mencari tahu terlebih dahulu genre apa yang saat itu tengah menjadi tren atau naik daun. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena novel dengan genre yang sedang tren akan mendapat perhatian lebih dari para pembaca.

9 Jenis Genre Novel Terpopuler, Mana yang Kamu Suka?

Jika kamu adalah orang yang tertarik dengan dunia kepenulisan atau karya sastra, pasti kamu akan lebih peka terhadap perkembangan genre novel. Nah, sebelum kita membahas berbagai jenis genre dalam novel, mari kita simak bersama-sama penjelasan apa itu genre terlebih dahulu!

Apa Itu Genre?

Genre adalah pembagian suatu bentuk karya sastra berdasarkan kriteria yang sesuai dengan bentuk karya tersebut. Genre juga erat kaitannya dengan pengkategorian yang tujuannya untuk membagi sekaligus membedakan jenis antara novel yang satu dengan novel lainnya.

Adanya genre yang terdapat dalam novel tentu lebih memudahkan pembaca untuk menentukan sendiri novel apa yang diminati serta digemari. Biasanya dalam satu karya hanya memuat satu genre, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terdapat sebuah karya yang memuat dua hingga beberapa genre sekaligus.

9 Jenis Genre Novel Terpopuler

Setelah kamu memahami apa itu genre, maka selanjutnya kita bahas berbagai jenis genre novel yang banyak diminati oleh para penulis dalam membangun karya-karyanya. Bisa jadi di antara genre-genre ini ada yang menjadi genre favoritmu. Langsung simak, yuk!

1. Romantis

Jenis genre novel terpopuler yang pertama tentu saja genre romantis. Genre ini erat kaitannya dengan hubungan percintaan. Umumnya cerita dalam novel bergenre romantis mengisahkan dua orang yang sedang merasakan perasaan cinta. Selain itu, novel dengan genre ini biasanya menggunakan gaya bahasa yang indah, puitis, serta dramatis.

Genre romantis merupakan genre yang sangat umum dan mudah ditemui. Tidak sulit mencari novel romantis di toko-toko buku. Hal itu karena pada umumya orang-orang lebih menyukai karya-karya yang berbau romantis.

2. Horor

Genre selanjutnya adalah horor. Walaupun ada kalangan masyarakat yang menghindari genre ini, tetapi tidak sedikit juga yang justru menyukai genre ini, lho. Kisah yang disuguhkan biasanya tidak jauh dari hal-hal semacam kutukan, kejahatan, kesadisan, dan peristiwa di luar nalar yang berhubungan dengan spiritual.

Novel dengan genre horor biasanya menampilkan alur cerita yang  mengaitkan dengan mitos-mitos, hal-hal supranatural, ataupun kepercayaan masyarakat di daerah-daerah tertentu. Tokoh yang ada biasanya manusia-manusia dengan makhluk halus atau gaib sebagai tokoh antagonis yang menyeramkan.

3. Misteri

Berikutnya adalah genre misteri. Genre ini biasanya akan menyuguhkan cerita tentang kejanggalan-kejanggalan dan teka-teki dari sebuah kasus beserta dengan cara menyelesaikannya. Umumnya, penulis novel dengan genre ini memanfaatkan adegan-adegan yang penuh dengan tipu muslihat. Selain itu, ending ceritanya biasanya menyuguhkan plot twist yang tidak terpikirkan oleh para pembaca.

4. Thriller

Genre thriller adalah genre cerita yang menyajikan peristiwa yang menegangkan. Cerita dalam novel genre ini biasanya mengandung unsur seperti misteri, kejahatan, pembunuhan, psikopat, dan sejenisnya. Namun, inti dari cerita adalah pertahanan hidup tokoh utama.

Genre thriller memiliki tujuan untuk membuat para pembacanya merasakan ketegangan selama membaca novel. Hal tersebut karena rangkaian kejadian yang mengerikan akibat permasalahan antar tokohnya yang berkaitan dengan unsur psikologi dan nilai moral.

5. Science fiction

Genre novel terpopuler selanjutnya adalah science fiction. Genre ini adalah sebuah genre novel berdasarkan pengetahuan terkait ilmu teknologi dan sains. Hal ini karena cerita yang ditampilkan biasanya mengandung pemahaman terhadap ilmu pengetahuan yang dapat memperkuat daya tarik dari isi cerita tersebut. Tidak jarang, genre ini menampilkan makhluk lain yang berintelektual tinggi.

6. Fan Fiction

Fiksi penggemar atau yang dikenal sebagai fan fiction adalah cerita yang ditulis oleh penggemar (fans) dari tokoh-tokoh tertentu yang berdasarkan kisah, karakter, atau latar yang sebelumnya sudah ada. Selain novel, genre semacam ini juga tidak jarang digunakan untuk film dan komik.

7. Fantasi

Pada umumnya, novel dengan genre fantasi bertolak belakang dengan kehidupan di dunia nyata. Hal itu karena ceritanya memang penuh dengan imajinasi. Cerita dengan genre fantasi kebanyakan mengusung tema seperti mitos dengan kegaibannya, kekuatan supranatural, serta dunia fantasi yang tidak ada dalam dunia nyata manusia sebenarnya.

8. Komedi

Genre komedi juga merupakan genre yang populer. Novel dengan genre ini sudah pasti menyuguhkan berbagai cerita yang ringandan berbau humor, lucu, dan dapat menghibur pembacanya. Banyak orang yang menyukai novel dengan genre komedi ini. Bagaimana tidak? Setiap orang tentu membutuhkan hiburan walau hanya sekadar untuk menyegarkan pikiran.

9. Islami

Jenis genre novel islami ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berbau religi. Novel dengan genre ini biasanya akan menampilkan cerita dengan latar belakang kehidupan pesantren. Tokoh-tokoh yang hadir pun biasanya sangat taat dalam menjalankan syariat agama.

Nah, itulah sembilan jenis genre novel terpopuler sejauh ini. Setiap genre pasti memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi daya tariknya. Di antara jenis-jenis genre tersebut, apakah ada yang menjadi genre favoritmu? Jika iya, genre yang mana, nih?

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop