Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » 5 Jenis Artikel Terpopuler Buat Kamu yang Mau Jadi Bloger!

5 Jenis Artikel Terpopuler Buat Kamu yang Mau Jadi Bloger!

5 Jenis Artikel Terpopuler Buat Kamu yang Mau Jadi Bloger!

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini internet telah menjadi kebutuhan pokok. Berbagai website seolah berlomba-lomba untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan para pembacanya dalam bentuk artikel yang beragam. Nah, saat ini kita akan membahas tentang jenis artikel terpopuler buat kamu yang mau jadi bloger, simak ya!

Dalam menyajikan suatu informasi, setiap penulis blog dalam situs web tentu menginginkan agar artikelnya dibaca banyak pembaca. Berbagai upaya dilakukan agar artikel yang ditulis dalam situsnya bisa bertengger di halaman pertama google, sehingga banyak mendapatkan kunjungan dari para pembaca.

Jenis Artikel Terpopuler Buat Kamu yang Mau Jadi Bloger!

Bagi kamu yang memiliki minat untuk menjadi bloger di sebuah situs web, kamu bisa menjadikan beberapa jenis artikel ini sebagai referensimu dalam menulis. Hal ini karena jenis-jenis artikel ini merupakan jenis artikel yang seringkali dijumpai di internet, sehingga menjadi artikel populer.

Apa Itu Artikel?

Artikel dapat dipahami sebagai karangan berisi fakta dan opini yang tujuan pembuatannya untuk dipublikasikan di media cetak maupun elektronik. Tujuan penulisan artikel adalah untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. Nah, gagasan inilah yang nantinya akan dapat meyakinkan, mendidik, serta menjadi hiburan bagi para pembaca.

Struktur Artikel

Setelah memahami apa itu artikel, selanjutunya simak penjelasan tentang struktur artikel. Secara umum struktur artikel terbagi menjadi tiga yaitu pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan penegasan ulang atau reiterasi. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pernyataan pendapat atau tesis

Struktur yang pertama adalah pernyataan pendapat atau tesis. Bagian ini berfungsi sebagai pembuka artikel yang terdiri atas orientasi atau pengenalan topik di dalam artikel. Oleh karenanya, pada bagian ini mengandung penjelasan penting yang menjadi pondasi dalam pembahasan artikel.

2. Argumentasi

Struktur kedua adalah argumentasi. Bagian ini merupakan isi artikel yang memuat penjelasan terkait topik atau pokok permasalahan yang dibahas secara faktual. Pada bagian argumentasi ini penjelasannya bersifat informatif.

3. Pernyataan ulang pendapat atau reiterasi

Terakhir adalah bagian pernyataan ulang pendapat atau reiterasi. Bagian ini memuat kalimat-kalimat yang menjadi inti dari pembahasan, yang kemudian dirangkum menjadi kesimpulan.

Jenis-Jenis Artikel Terpopuler

Setelah mengetahui definisi artikel, selanjutnya mari simak bersama berbagai jenis artikel terpopuler di internet  berikut ini:

1. Artikel listicle

Jenis artikel terpopuler yang pertama adalah listicle. Tentu kamu sering menjumpai jenis artikel ini ketika berselancar di internet. Bentuk artikel ini berupa poin-poin pembahasan. Biasanya setiap poinnya terdapat gambar pendukung yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca artikel hingga akhir. Contoh judul artikel jenis ini adalah “7 Kesalahan Penulis Pemula yang Wajib Kamu Hindari!”.

2. Artikel definisi

Selanjutnya adalah artikel definisi. Artikel yang satu ini juga tentunya sering kamu jumpai. Artikel deskripsi, memberikan pemaparan tentang suatu kejadian, peristiwa, atau persoalan yang menjadi objek pembahasan. Tujuan artikel ini untuk memberikan gambaran secara nyata berdasarkan fakta terkait topik. Contoh judul artikel ini adalah “Mengenal Istilah Plot Twist dalam Novel”.

3. Artikel how to

Jenis berikutnya ialah how to. Artikel ini biasanya berisi penjelasan cara melakukan sesuatu. Biasanya ketika kamu ingin mencari tutorial atau cara melakukan sesuatu, pasti kamu banyak menjumpai artikel ini. Penjelasan dalam artikel ini biasanya terperinci, sehingga lebih memudahkan pembaca dalam mengikuti langkah-langkahnya. Contoh judul artikelnya yakni “5 Cara Menerbitkan Buku Sendiri, Anti Ribet!”

4. Artikel berita

Kamu pasti sudah tidak asing dengan artikel jenis ini. Sama seperti berita di koran pada umumnya, artikel ini memuat informasi berdasarkan fakta dan data terkait fenomena ataupun peristiwa yang tengah terjadi di mayarakat. Contoh penyajian judul dalam artikel ini adalah “Mengenal Tere Liye, Sosok Penulis Hebat Indonesia”.

5. Artikel ulasan

Jenis artikel terpopuler yang sudah pasti pernah kamu temui selanjutnya adalah artikel ulasan. Artikel ini biasanya menyajikan informasi terkait suatu produk atau jasa. Ulasan yang tersaji biasanya bergantung pada pengalaman si penulis.

Sering kali, artikel ulasan ini digunakan untuk memancing pembaca ataupun calon pembeli agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Contoh judul yang biasanya digunakan ialah “Review Novel Bumi Manusia Karya Pramodya Ananta Toer”.

Nah, itu tadi lima jenis artikel terpopuler buat kamu yang berniat untuk menjadi seorang bloger. Beberapa jenis artikel di atas sangat bisa kamu jadikan referensi untuk mulai menulis artikel di situs webmu. Kamu juga bisa merekomendasikan jenis artikel di atas kepada teman-temanmu yang memiliki kesamaan minat denganmu. Semangat berkarya!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop