Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Struktur Makalah yang Baik dan Benar, Kamu Perlu Simak!

Struktur Makalah yang Baik dan Benar, Kamu Perlu Simak!

Struktur Makalah yang Baik dan Benar, Kamu Perlu Simak!

Membuat makalah adalah salah satu tugas yang akan didapatkan setiap orang, baik di bangku sekolah menengah maupun di jenjang kuliah. Sebagian besar pengerjaan tugas ini terdiri atas riset dan penulisan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas struktur makalah yang baik dan benar, simak ya!

Menyusun makalah memang pekerjaan yang gampang-gampang susah. Hal itu karena kamu harus memperhatikan struktur serta kaidah penulisan makalah yang baik dan benar. Bukan hal yang mudah juga untuk menentukan tema makalah yang nantinya akan menjadi pokok pembahasa di dalamnya.

Struktur Makalah yang Baik dan Benar, Kamu Perlu Simak!

Sebelum membahas struktur makalah yang baik dan benar, alangkah baiknya jika kamu simak beberapa penjelasan mengenai makalah terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu semakin memahami tentang makalah yang akan kamu buat.

Apa Itu Makalah?

Makalah adalah salah satu karya ilmiah yang seringkali ditugaskan kepada siswa maupun mahasiswa sebagai bagian dari tugas yang musti dipenuhi. Makalah menjadi salah satu bentuk penulisan ilmiah yang digunakan untuk menyajikan hasil penelitian, analisis, gagasan, atau ulasan tentang topik-topik tertentu. Sebagai karya ilmiah, pembuatan makalah tentu harus mengikuti struktur dan kaidah tertentu.

Ciri-Ciri Makalah yang Baik

Dalam proses pembuatan makalah yang baik, ada beberapa ciri yang dapat kamu jadikan acuan apakah makalahmu sudah baik atau belum. Berikut ini ciri-ciri makalah yang baik:

  1. Makalah yang baik dapat memberi kontribusi kepada beberapa hal yaitu pengembangan teori baru, perbaikan metode, manfaat dan implikasi aplikatif.
  2. Makalah yang dibuat bukan merupakan pengulangan terhadap penelitian lain atau orisinal seperti permasalahan yang diteliti, kerangka konsep, pendekatan, dan lain sebagainya.
  3. Memaparkan pernyataan tentang permasalahan yang dibahas seperti pernyataan penelitian, gambaran asosiasi dua atau lebih fenomena yang terukur.
  4. Memperhatikan aspek kelayakan seperti dapat dijawab, mempertimbangkan waktu dan biaya, memperhatikan tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, serta memperhatikan dukungan fasilitas dan sumber daya lainnya.

Struktur Makalah yang Baik dan Benar

Biasanya dalam membuat makalah, guru atau dosen memiliki aturan tersendiri dalam struktur maupun kaidah yang digunakan dalam makalah. Namun, jika guru atau dosenmu tidak memberikan aturan terkait penulisan makalah baik dari segi struktur maupun kaidah, kamu bisa menggunakan struktur makalah ini sebagai acuannya.

1. Cover makalah

Struktur makalah yang pertama adalah cover. Cover merupakan sampul dari makalah yang memuat judul makalah, logo sekolah atau kampus, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit makalah. Pada bagian ini, kamu sebaiknya menggunakan pengaturan rata tengah agar cover terlihat rapi.

2. Kata pengantar

Bagian kedua adalah kata pengantar. Kata pengantar ini berisi sambutan atau ucapan syukur karena makalah dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu kata pengantar berfungsi sebagai pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah yang kamu buat.

3. Daftar isi

Selanjutnya struktur makalah yang ketiga adalah daftar isi. Daftar isi berisi susunan masing-masing halaman yang memuat informasi halaman dari isi makalah. Adanya daftar isi ini untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi tertentu. Oleh karena itu, kamu harus memberikan keterangan halaman pada setiap bab maupun sub-bab dalam makalahmu.

4. Bab I pendahuluan

Struktur berikutnya dari makalah adalah Bab I pendahuluan. Pada bagian pendahuluan biasanya terdiri atas tiga sub-bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Penulisan latar belakang harus dipaparkan dengan jelas dan mudah dipahami, selain memuat jawaban dari sebuah pertanyaan, latar belakang juga harus memuat data-data atau fakta yang mendukung.

Pada bagian rumusan masalah, kamu bisa menulis beberapa pertanyaan yang nantinya akan kamu jelaskan di bagian pembahasan. Pada bagian tujuan, kamu bisa menuliskannya secara singkat sesuai dengan rumusan masalah yang sebelumnya sudah kamu buat.

5. Bab II pembahasan

Pada bab II berisi pembahasan. Pembahasan merupakan bagian yang terpenting dari makalah. Bagian ini berisi uraian pokok dari permasalahan yang akan kamu bahas. Bagian pembahasan harus dapat menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah. Biasanya pembahasan mencakup tentang landasan teori dari uraian materi, solusi, serta penyelesaian dari suatu permasalahan.

6. Bab III penutup

Bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan memuat ringkasan dari hasil pembahasan. Pada bagian ini, kamu bisa mengambil poin pentingnya saja pada setiap bagian. Sementara, saran dapat berisikan harapan kamu sebagai penulis agar makalah yang kamu buat bisa bermanfaat untuk pembaca.

7. Daftar pustaka

Terakhir dari struktur makalah adalah daftar pustaka. Pada bagian daftar pustaka ini berisi daftar referensi yang kamu gunakan sebagai acuan, sumber, atau bahan penelitian di dalam pembuatan makalah. Referensi tersebut bisa dari buku, jurnal, atau informasi valid yang kamu dapatkan dari internet maupun perpustakaan.

Nah, itu tadi struktur makalah yang baik dan benar. Struktur tersebut adalah struktur makalaha secara umum. Kamu bisa menggunakan struktur di atas sebagai acuanmu dalam membuat makalah yang baik. Semangat menyelesaikan tugas-tugasmu, semoga artikel ini bermanfaat!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop