Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Menggali Ide Cerita saat Menulis Kreatif untuk Penulis Pemula

Menggali Ide Cerita saat Menulis Kreatif untuk Penulis Pemula

Menggali Ide Cerita saat Menulis Kreatif untuk Penulis Pemula

Menggali ide cerita saat menulis kreatif menjadi hal yang susah-susah gampang bagi sebagian penulis, terlebih lagi bagi penulis pemula yang baru memulai karirnya. Banyak yang bilang kalau penulis kreatif itu kerjaannya cuma ngehalu lalu nulis doang? Emangnya itu bisa disebut profesi yang jelas?

Pertanyaan kaya gitu biasanya muncul dari mereka yang gak terlalu menggeluti dan terjun langsung di dunia kepenulisan. Padahal, menjadi seorang penulis maupun pengarang gak semudah apa yang dipikirkan dan bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan lho.

Menggali Ide Cerita saat Menulis Kreatif untuk Penulis Pemula

Berpikir kreatif bukan suatu hal yang mudah bagi penulis dikarenakan ada ide cerita yang harus digali kemudian dikembangkan. Sehingga, kamu harus tau bahwa akan ada hambatan yang bisa aja terjadi saat menulis, mulai dari Writer’s block, kurangnya bahan inspirasi , kejenuhan, dll.

Jadi, buat kamu penulis pemula yang sedang dilanda kebuntuan, aku bakal kasih tau beberapa hal yang bisa kamu coba buat dapetin ide cerita saat menulis kreatif. Gak perlu pusing-pusing, kamu bisa cari inspirasi ide cerita sambil melakukan hal-hal yang bikin kamu senang lho. So, simak sampai akhir ya.

Ide Bisa Muncul Lewat Nonton Film

Biasanya, kebanyakan penulis pasti hobi menonton film. Selain untuk hiburan dan melepas stress, nyatanya film sebagai karya sastra audiovisual juga dijadikan penulis sebagai modal dasar untuk menggali ide cerita saat menulis kreatif, seperti karya fiksi atau novel.

Lewat nonton film, kita akan melibatkan panca indera kita untuk melihat alur cerita, mendengarkan dialog, mengamati kondisi psikologis para tokoh, hingga mengasah otak untuk berpikir tentang alur yang akan terjadi berikutnya pada film. Hal itu akan sangat bermanfaat untuk melatih intuisi seorang penulis dalam membuat cerita.

Setelah menonton film, kita bisa membuat ide cerita memakai tema yang sama namun dengan alur dan nuansa yang berbeda.  Hal kecil yang kita perhatikan dari sebuah film akan memunculkan ide besar yang brilian untuk tulisan kita. Dan juga, semakin banyak film yang kita tonton, maka akan semakin banyak pula gagasan yang bermunculan dalam pikiran kita.

Inspirasi Datang dari Sebuah Pengalaman

Pernah gak sih kamu membaca sebuah cerita fiksi yang terasa nyata dan bahkan relate dengan apa yang sedang kamu alami? Itu pertanda bahwa penulisnya telah berhasil mengemas cerita melalui pengalaman-pengalaman yang sebagian besar orang alami di kehidupan nyata.

Maka dari itu, kamu juga bisa mendapatkan ide cerita dari apa yang kamu alami dan rasakan. Selain akan mengalirkan gagasan, menuangkan tulisan berdasarkan pengalaman pribadi juga akan membuat tulisanmu lebih memiliki chemistry yang kuat dengan dirimu dan relatable bagi pembaca.

Tapi perlu kamu ketahui, menggali ide cerita saat menulis kreatif  gak hanya harus dari pengalamanmu aja lho, cobalah mendengarkan berbagai cerita dari orang-orang yang juga mengalami suatu hal yang berkesan, unik, bahkan menyentuh, sehingga bisa kamu jadikan sebagai inspirasimu dalam menggali ide cerita saat menulis kreatif.

Menemukan Ide Cerita dari Mendengarkan Musik dan Lagu

Menggali ide cerita kreatif selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik dan lagu. Keduanya mungkin terdengar sama, namun sebenarnya mempunyai fungsi yang berbeda. Musik seperti genre klasik bisa meningkatkan kepekaan intuisi penulis terhadap feeling.

Sedangkan lagu dengan lirik yang menyiratkan cerita di setiap baitnya bisa memancing imajinasi dan melahirkan ide cerita yang fresh. Jadi, cobalah sembari memikirkan alur ceritamu, luangkan waktu sebentar untuk mendengarkan musik atau lagu, lalu cari ruang imajinasi yang tersembunyi di dalamnya.

Mengemas Cerita Melalui Sebuah Mimpi

Mungkin terdengar aneh, tapi percaya deh kalau mimpi bisa melahirkan ribuan ide cerita yang sangat menarik. Hal itu terjadi karena mimpi merupakan aktualisasi pemikiran alam bawah sadar kita yang memproses kehidupan sehari-hari. Banyak penulis kreatif yang karyanya sudah mendunia berawal dari sebuah mimpi.

Stephenie Meyer dalam karya fenomenalnya berjudul Twilight jadi salah satu contohnya. Saat itu ia bermimpi tentang sepasang kekasih yang saling mengutarakan isi hatinnya, tentang mengapa mereka gak pernah bisa bersatu karena prianya adalah Vampire, sehingga segala hambatan untuk bersama kian menjadi sulit. Dari sepotong mimpi itu Meyer lalu mengembangkannya menjadi sebuah novel yang sudah terjual sebanyak 17 juta kopi di seluruh dunia.

Mimpi bisa banget kamu jadikan sumber cerita apalagi kalau ingin menulis cerita dengan genre fantasi, karena biasanya ketika kita bermimpi, hal-hal random dan nyelenehlah yang terjadi di pemikiran kita. Dari sebuah mimpi yang aneh pun bisa membuka alur cerita yang menarik.

So, Jika kamu pernah bermimpi lalu terbangun dengan perasaan yang mengesankan dan campur aduk, mending jangan langsung kamu lupain ya. Cepat-cepat beranjak dari kasur lalu tulislah secara detail tentang tokoh cerita yang kamu mimpikan, bagaimana karakternya, bahkan alur yang terbilang absurd sekalipun.

Jangan menunda untuk merekam mimpimu, karena otak bisa menghapus pikiran alam bawah sadar dengan cepat. Kalau itu terjadi, kamu bakal kesulitan mengingat kembali mimpimu secara detail. Selalu ingat bahwa hal sekecil apapun bisa kamu jadikan ide cerita yang menarik.

Gagasan Bisa Muncul saat Kamu dalam Sebuah Perjalanan

Menggali ide cerita saat menulis kreatif gak bisa secara instan muncul dalam pemikiran kita, saat pikiran sedang mumet maka akan susah untuk menemukan ide. Jadi, solusinya kita bisa meninggalkan sementara keresahan itu dengan beranjak melakukan sebuah perjalanan. Gak harus jauh-jauh, kamu bisa memanfaatkan waktu ke suatu tempat yang dapat kamu visualisasikan dengan imajinasimu.

Peristiwa-peristiwa yang kamu lihat selama dalam perjalananmu bisa kamu jadikan ide cerita yang menarik. Bahkan memungut ide dalam perjalanan bisa lebih membantumu dalam menentukan setting waktu dan tempat untuk alur ceritamu. Maka gak perlu heran kalau para penulis terkenal selalu mengisi kebuntuan mereka dengan berlibur.

Menemukan Ide Cerita dari Isu Trending

Berbagai sumber media digital yang super cepat sekarang ini bisa kamu manfaatin untuk memunculkan ide juga lho. Sumber berita yang sedang trending misalnya seperti kasus Bullying, kisah mistis, peristiwa atau kisah dari berbagai macam karakter manusia dipenjuru dunia bisa langsung kamu jadikan tema baru dalam ceritamu. Semua isu trending yang kamu lihat di internet adalah ladang sumber cerita yang gak akan ada habisnya.

Salah satu novel Indonesia yang diangkat dari berita trending adalah novel berjudul 49 hari karya Nuril Basri. Novel ini mengangkat alur cerita yang bersumber dari kisah nyata dan sempat menjadi berita viral, novel ini bercerita tentang seseorang yang bertahan hidup saat di laut dan akhirnya berhasil terselamatkan.

Namun, kamu tetap perlu hati-hati dalam memilah segala isu yang kamu lihat, jangan sampai ketika kamu menjadikannya sebuah cerita fiksi, tanpa kamu sadari kamu malah menyinggung pihak tertentu seperti kelompok, ras, daerah, dll. Jadi, solusinya adalah lakukan riset sebelum menulis dan memberi nama samaran pada semua aspek yang kamu angat dari kehidupan nyata.

So, itu dia beberapa hal yang bisa banget kamu coba ketika lagi mengalami kebuntuan saat ingin menulis. Dengan terus menggali ide cerita saat menulis kreatif, kamu gak cuma menemukan ide tapi juga melatih kepekaan di lingkungan sekitarmu.

Terimakasih telah singgah di artikel ini 🙂

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko