Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » 9 Jenis Metode Penelitian yang Sering Digunakan!

9 Jenis Metode Penelitian yang Sering Digunakan!

9 Jenis Metode Penelitian yang Sering Digunakan!

Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti tidak asing dengan istilah “penelitian“. Pasalnya, penelitian memang sangat berkaitan dengan proses perkuliahan. Setiap kegiatan penelitian pasti menggunakan jenis metode penelitian tertentu tergantung pada teori serta objek penelitian yang digunakan.

Ada tiga metode penelitian yang sangat umum digunakan yakni metode kualitatif, kuantitatif, dan pengembangan. Namun, sebenarnya ada beragam jenis metode penelitian lain yang juga sering digunakan, hanya saja tidak seterkenal ketiga metode tersebut. Oleh karena itu, mari simak jenis metode penelitian yang sering digunakan mahasiswa dalam artikel ini!

9 Jenis Metode Penelitian yang Sering Digunakan!

Agar penelitian yang dilakukan tidak sembarangan dan terkesan asal-asalan, maka seorang peneliti perlu menggunakan metode penelitian. Oleh karenanya, pemilihan jenis metode penelitian merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu kegiatan penelitian.

Apa Itu Metode Penelitian?

Metode penelitian terdiri atas dua kata yaitu metode dan penelitian. Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metode memiliki arti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.

Semantara itu, penelitian berarti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Dari dua pengertian di atas, dapat dikatakan bahwa metode penelitian merupakan cara atau upaya untuk memperoleh suatu data yang nantinya akan dikumpulkan, diolah, dianalisis, dan disajikan secara sistematis. Selain itu, metode penelitian juga memberikan gambaran rancangan penelitian yang nantinya akan dilakukan.

Tujuan Metode Penelitian

Secara umum metode penelitian memiliki tujuan yakni untuk mendapatkan pengetahuan serta penemuan baru atau belum pernah ada yang meneliti pada topik penelitian yang sama. Selain itu juga, untuk membuktikan sekaligus menguji sumber data yang digunakan dalam penelitian, apakah data tersebut sudah valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau tidak.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Setelah kamu sudah memahami apa itu metode penelitian serta tujuannya. Maka selajutnya mari simak jenis-jenis metode penelitian yang sering digunakan di bawah ini:

1. Metode kuantitatif

Jenis metode penelitian yang paling umum adalah kuantitaif. Penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang pengumpulan dan analisis datanya menggunakan angka dan statistik sehingga dapat terukur. Tujuan penelitian kuantitatif sendiri ialah untuk mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan suatu fenomena tertentu.

2. Metode kualitatif

Metode penelitian kedua yang juga umum ialah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang sifatnya deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Selain itu, metode ini memerlukan fokus serta pengamatan yang mendalam terhadap suatu fenomena, sehingga menghasilkan kajian yang lebih komprehensif.

3. Metode pengembangan

Selanjutnya adalah metode penelitian pengembangan. Metode ini merupakan suatu metode penelitian yang gunanya untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji keefektifitasan produk tersebut. Umumnya, penelitian pengembangan melibatkan situasi di mana peneliti melakukan pengembangan produk, kemudian terdapat analisis, lalu setelah itu dijelaskan, dan terakhir dievaluasi.

4. Metode eksperimental

Berikutnya ialah metode eksperimental. Ini adalah metode penelitian yang berasal dari sebuah eksperimen. Walau begitu, dalam penggunaan metode ini, peneliti juga perlu melakukan observasi data terlebih dahulu. Biasanya penerapan metode ini gunanya untuk mencari sebab akibat dari suatu perilaku dari suatu data yang sebelumnya sudah melewati proses observasi.

5. Metode deskriptif

Jenis metode selanjutnya yakni metode deskriptif. Metode jenis ini adalah metode penelitian yang berkaitan dengan tulis menulis terutama dalam membuat deskripsi. Dengan kata lain, metode ini merupakan sebuah metode penelitian yang bentuknya berupa bahasa dan kalimat deskriptif. Walaupun begitu, dalam menggunakan metode ini, peneliti juga perlu melakukan riset serta pengambilan sumber data yang valid.

6. Metode grounded

Metode penelitian selanjutnya adalah grounded. Jenis metode penelitian ini merupakan metodologi penelitian yang seringkali penggunaanya untuk melakukan penelitian atau riset di bidang sosiologi. Melalui metode ini, hasil penelitian sosiologi bisa lebih jelas, sehingga isinya sangat kompleks. Namun, tetap mudah dalam memahaminya.

7. Survei

Tentu istilah “survei” sudah sangat familiar bukan? Nyatanya ini juga bagian dari metode penelitian, lho. Survei merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis suatu perilaku pada subjeknya. Secara umum, data dari metode ini dapat berupa wawancara atau kuesioner, sehingga hasil datanya seringkali berupa angka. Oleh karena itu, data dalam metode ini bersifat kuantitatif.

8. Fenomenologi

Berikutnya, ada fenomenologi. Ini merupakan metode penelitian yang gunanya seringkali untuk membahas dan menganalisis suatu fenomena tertentu. Oleh karena itu, sumber data yang dipakai pada jenis metode penelitian ini adalah sebuah analisis yang sebelumnya telah dilakukan pada penelitian terdahulu serta subjek yang sudah mengalami seatu fenomena.

9. Etnografi

Metode penelitian etnografi merupakan salah satu jenis metode penelitan yang penggunaannya lebih sering pada penelitian yang memiliki kaitan dengan perilaku atau tindakan sosial seseorang. Melalui metode ini, peneliti akan melakukan penelitian secara detail serta tanpa rekayasa sesuai dengan data-data yang sudah ia peroleh.

Nah, itu tadi jenis metode penelitian yang seringkali digunakan. Bagi kamu, mahasiswa yang saat ini tengah menyiapkan penelitian dan sedang bingung mencari metode apa yang cocok untuk penelitianmu, jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan salah satu metode penelitian di atas. Tetap semangat dan jangan menyerah, semoga artikel ini membantu!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop