Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Hendak Menulis Novel di Wattpad? Persiapkan 5 Hal Berikut Ini

Hendak Menulis Novel di Wattpad? Persiapkan 5 Hal Berikut Ini

Menulis novel di Wattpad masih menjadi media yang potensial untuk mengembangkan dirimu sebagai penulis. Selain sebagai media latihan, jika hasil novel yang kamu buat bagus, kamu tidak hanya akan mendapatkan banyak pembaca.

Cerita novel di Wattpad-mu pun bisa berkesempatan untuk dilirik oleh penerbit mayor. Atau jika kamu ingin lebih cepat dilihat penerbit mayor, maka kamu bisa mengirimkan naskah Wattpad yang telah rampung tersebut ke penerbit mayor.

Hendak Menulis Novel di Wattpad? Persiapkan 5 Hal Berikut Ini

Okay, sekarang kita akan kembali lagi fokus pada persiapan yang perlu kamu lakukan jika kamu hendak menulis untuk pertama kalinya di Wattpad. Silakan menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

1. Buatlah Akun Wattpad

Hal pertama yang perlu kamu siapkan jika hendak menulis novel di Wattpad adalah membuat akun. Apabila kamu mengaksesnya menggunakan PC, maka kamu bisa mengunjungi alamat website Wattpad yaitu: https://www.wattpad.com/. Jika kamu menggunakan ponsel atau tablet, maka download terlebih dahulu aplikasi di App Store.

Pada saat proses pembuatan akun ini kamu bisa langsung mendaftar dengan menggunakan email-mu. Selanjutnya kamu akan diminta untuk menuliskan nama, email, dan kata sandi serta mengkonfirmasi ulang kata sandi. Pada saat mendaftar akun ini kamu juga akan mengisi tanggal lahir dan selanjutnya account Wattpad-mu sudah siap untuk digunakan.

2. Siapkan Konsep Cerita Novel

Hal yang perlu kamu persiapkan jika hendak menulis novel di Wattpad berikutnya adalah menyiapkan konsep cerita. Setidaknya kamu harus memiliki premis ceritanya agar proses menulis menjadi lebih lancar di tahap awal.

3. Deskripsi

Deskripsi ini akan membantu calon pembaca Wattpad-mu untuk mengetahui ringkasan dari cerita novelmu. Sehingga mereka tahu isi cerita novelmu dengan cepat.

Usahakan menulis deskripsi cerita yang meyakinkan pada ceritamu agar mendapatkan audience yang sesuai. Sebab, cerita Wattpad yang memiliki deskripsi cerita memiliki potensi untuk dibaca oleh calon pembaca lebih besar.

Jumlah karakter di bagian deskripsi sebatas 2000 karakter apabila melampaui batas tersebut, maka deskripsimu tidak akan tersimpan. Wattpad juga melarang penambahan tautan eksternal, untuk membantu menjaga komunitasnya tetap aman.

4. Persiapkan Nama dan Gambaran Tokoh

Pada saat menulis cerita di Wattpad akan lebih baik jika kamu mengenalkan nama-nama tokohnya terlebih dahulu. Selain membuat pembaca lebih memahami ceritamu, dengan mengenalkan nama tokoh lengkap dengan kepribadiannya, kamu jadi memiliki patokan dalam cerita.

Biasanya untuk memudahkan imajinasi pembaca novel di Wattpad, keterangan nama tokoh-tokoh dan karakteristiknya disertai dengan visual tokoh publik. Karena target pembaca Wattpad rata-rata adalah remaja maka menggunakan tokoh publik seperti artis-artis yang ganteng dan cantik lebih disukai.

Biasanya keterangan karakter tokoh tersebut di antaranya yaitu:

  • Nama
  • Usia
  • Kepribadian
  • Jabatan atau pekerjaan
  • Ciri khas
  • Dan lain sebagainya

5. Siapkan Cover yang memikat

Bila menulis novel dengan tujuan diterbitkan melalui penerbitan maupun self publishing urusan cover bisa belakangan, lain halnya dengan cerita novel di Wattpad. Sampul adalah yang utama dan perlu disiapkan sedini mungkin bahkan sebelum bab pertama selesai kamu tulis.

Dalam mendesain cover kamu bisa menggunakan canva, dan pastikan bahwa desainnya sesuai dengan genre cerita. Untuk ukuran sebaiknya kamu menggunakan 256 x 400 pixel, resolusi 72 pixels dengan format png, jpg, atau jpeg agar gambar tidak pecah dan visual cover dapat terlihat semua.

Pastikan juga ketika membuat desain, tidak mencomot langsung dari internet. Paling tidak kamu harus memodifikasinya agar pembaca lebih tertarik untuk memilih novelmu untuk dibaca.

Nah, jika kamu kesulitan dalam mendesain cover, maka kamu bisa menggunakan jasa desain cover. Sebagai rekomendasinya kamu bisa menggunakan jasa desain cover dari Indo Digital Kreatif, selain tim yang profesional harganya pun terjangkau. Jika tertarik menggunakannya silakan klik tautannya di sini.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan jika hendak menulis novel di Wattpad. Persiapkan dengan sebaik mungkin ya, agar prosesmu dalam menulis menjadi lebih lancar dan teruslah semangat dalam berkarya, ya!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop