Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Masih Ragu Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan? Ada Banyak Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh Loh

Masih Ragu Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan? Ada Banyak Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh Loh

Masih banyak penulis yang merasa ragu untuk bergabung dengan sebuah komunitas menulis. Ada berbagai macam alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari belum mengetahui informasinya, belum percaya diri sampai ragu akan manfaat yang akan diperoleh ketika bergabung dalam sebuah komunitas menulis.

Padahal sebenarnya, komunitas penulis merupakan tempat yang bisa membantu penulis untuk berlatih dan mengembangkan kemampuan menulisnya.

Masih Ragu Bergabung dengan Komunitas Kepenulisan? Ada Banyak Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh Loh

Bila kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang masih ragu untuk bergabung dengan komunitas menulis, maka kamu perlu membaca tulisan ini sampai akhir. Sebab, Kami akan memberikan informasi tentang apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikutinya.

1. Mendapatkan Teman Baru yang Memiliki Minat Serupa

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh dengan bergabung ke dalam suatu komunitas menulis adalah bertemu dengan teman baru yang minatnya serupa dengan dirimu yaitu menulis.

Dengan memiliki teman baru yang sama minatnya, kamu bisa memperoleh motivasi untuk terus belajar dan berlatih menulis. Teman baru ini bisa menjadi partner kamu untuk berdiskusi serta bertukar informasi seputar dunia menulis.

2. Memperoleh Semangat dan Motivasi untuk Menulis

Salah satu masalah terbesar seorang penulis adalah semangat serta motivasi untuk konsisten menulis. Apalagi di zaman sekarang ini, banyak hal yang bisa menjadi godaan untuk penulis hingga akhirnya tidak bisa menyelesaikan karyanya.

Kurangnya semangat dan motivasi ini juga bisa terjadi karena lingkungan yang kurang paham tentang dunia menulis. Dengan mengikuti komunitas menulis, kamu bisa mendapatkan lingkungan yang akan membantu membangkitkan semangat untuk menulis.

Jika sudah memiliki lingkuangan yang mendukung, tanpa kamu sadari, semangat untuk menulis akan muncul dan kamu bisa menulis secara konsisten. Hal ini akan membuat tulisanmu berkembang dan lebih baik lagi.

3. Mendapatkan Inspirasi untuk Menulis

Keuntungan lain yang bisa kamu rasakan saat ada di dalam sebuah komunitas menulis adalah bisa membantu mendapatkan inspirasi untuk penulis.

Ide untuk menulis memang bisa datang dari mana saja, tetapi tidak semua penulis langsung bisa mendapat dan mengolah ide tersebut.

Di dalam komunitas menulis, kamu bisa bertukar pengalaman dengan sesama anggota yang bisa saja menjadi inspirasi untuk tulisanmu nantinya. Ingatlah untuk menghindari mengambil ide milik orang lain atau plagiasi. Perbuatan plagiasi merupakan hal yang menyakitkan dan bisa merugikan banyak pihak, termasuk diri kamu sendiri.

Kamu tentu tidak ingin ide yang telah kamu pikirkan dengan susah payah, diakui sebagai milik orang lain bukan?

4. Melatih Rasa Percaya Diri

Sebelumnya, Kami sudah menyebutkan kalau  bergabung di komunitas menulis bisa membuat kamu memperoleh teman baru. Teman baru ini tanpa kamu sadari akan bisa membuat kamu menjadi lebih percaya diri.

Ada beberapa hal yang membuat penulis kurang memiliki rasa percaya pada dirinya sendiri. Misalnya, kurangnya kesempatan untuk menunjukkan karya yang sudah susah payah ditulisnya kepada orang lain, kurangnya dukungan terhaap kegiatan menulis dan juga penulis tidak memiliki tempat untukbertukar pikiran secara positif sehingga yang sering didengarnya adalah komentar kurang menyenangkan tanpa solusi.

Di dalam komunitas menulis, kamu bisa belajar untuk menerima masukan dan memperbaiki tulisanmu lagi. Tulisan yang sudah kamu perbaiki nantinya bisa membuat kamu merasa percaya diri dan membuat proses menulis akan lebih terasa menyenangkan.

Itulah dia beberapa manfaat dari bergabung dengan komunitas menulis yang bisa kamu rasakan. Semoga tulisan ini bisa membuatmu merasa lebih yakin untuk berkembang di komunitas menulis.

 

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop