Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Mengenal Profesi yang Membutuhkan Kemampuan Menulis, Tertarik Menjadi Salah Satunya?

Mengenal Profesi yang Membutuhkan Kemampuan Menulis, Tertarik Menjadi Salah Satunya?

Profesi menulis sering dianggap sebagai profesi yang tidak memiliki jaminan masa depan. Padahal, banyak profesi yang membutuhkan kemampuan menulis seseorang. Pada kesempatan kali ini, Kami akan mengajak kamu untuk mengenal, profesi apa saja yang membutuhkan kemampuan menulis.

Mengenal Profesi yang Membutuhkan Kemampuan Menulis, Tertarik Menjadi Salah Satunya?

Dengan mengenal beberapa profesi yang membutuhkan kemampuan menulis, Kami harap kamu yang suka dan memiliki kemampuan menulis, bisa tetap percaya diri dan tidak menyerah berjuang untuk terus menulis.

1. Jurnalis

Jurnalis adalah seseorang yang memiliki tugas untuk  membuat serta memberikan berita yang valid bagi masyarakat luas. Jenis berita yang jurnalis buat pun terbagi atas beberapa macam seperti hard news dan soft news.

Untuk bisa membuat berbagai macam berita, jurnalis akan membutuhkan kemampuan menulis. Jurnalis harus bisa menulis untuk berbagai media mulai dari media cetak sampai elektronik.

2. Blogger

Pekerjaan kedua yang membutuhkan kemampuan menulis adalah seorang blogger. Blogger sendiri merupakan sebutan untuk seseorang yang suka membagikan tulisannya melalui sebuah blog.

Tema tulisan yang seorang blogger tulis pun tidak terbatas karena tergantung dari minat blogger itu sendiri , kamu bisa saja menemukan blog yang berisi tulisan tentang seni atau buku.

Profesi blogger erat kaitannya dengan reviewer yang umumnya menuliskan pembahasan tentang sebuah produk. Meskipun terdengar mudah, profesi blogger pun menghadirkan tantangan, seperti kamu perlu konsisten untuk terus menulis meski setiap hari serta kreatif memilih ide atau topik tulisan.

3. Penulis Cerita

Jika kamu suka bercerita, maka penulis cerita adalah profesi yang dapat kamu coba. Kamu dapat mencoba untuk menulis novel, cerpen sampai novella.Perlu diingat kalau seorang penulis cerita memang perlu jalan panjang untuk meraih kesuksesan tetapi tidak ada yang salah dengan mencobanya.

Hal yang paling penting untuk kamu ingat adalah, untuk menjadi seorang penulis cerita, kamu perlu semangat untuk terus belajar. Sebab, banyak aturan yang perlu kamu ikuti supaya tulisan kamu dapat terus berkembang.

4. Content Writer

Profesi selanjutnya yang membutuhkan kemampuan menulis adalah content writer. Content writer adalah orang yang memiliki tugas untuk membuat konten dalam bentuk tulisan. Contoh konten yang biasa seorang content writer buat adalah  postingan untuk media sosial maupun artikel untuk website.

Supaya bisa menjadi seorang content writer yang handal, tentu ada beberapa hal lain yang kamu perlu pelajari  selain kemampuan menulis.

Contohnya adalah kamu perlu menguasai teknologi, minimal tahu tentang media sosial,  kamu juga perlu mengasah kepekaan untuk tahu apa saja tren yang tengah masyarakat minati supaya bisa mengolahnya menjadi konten yang menarik.

5. Copywriter 

Selain content writer kamu pun bisa memanfaatkan kemampuan menulis yang kamu miliki untuk menjadi seorang copywriter.

Banyak orang yang mengira copywriter sama dengan content writer, sekilas keduanya memang terlihat sama tetapi sebenarnya, kedua profesi ini memiliki perbedaan.

Jika content writer adalah orang yang bertugas untuk membuat suatu konten yang menyampaikan informasi, maka copywriter lebih fokus pada tulisan yang menjual.

Sederhananya, copywriter bertugas untuk membuat tulisan yang memiliki tujuan untuk menjual atau mempromosikan sesuatu. Ia perlu bisa beradaptasi dengan kebutuhan klien dalam membuat konten.

6. Technical Writer 

Ada juga profesi technical writer untuk kamu yang gemar menulis. Penulis yang satu ini umumnya fokus untuk menuliskan keunggulan serta fitur-fitur dari sebuah produk. Umumnya, kemampuan menulis seorang technical writer akan bermanfaat ketika sebuah perusahaan hendak meluncurkan produk baru.

Itulah dia informasi tentang beberapa profesi yang membutuhkan kemampuan menulis. Dengan ini, kamu bisa menarik kesimpulan kalau kemampuan menulis dapat memberi manfaat dalam berbagai bidang. Profesi mana yang paling ingin kamu coba?

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop