Email: cs@detakpustakatoko.com
Tlp/WA: +62 858-5003-8406
Beranda » Blog » Tips Membuat Sinopsis Novel yang Menarik agar Banjir Pembaca!

Tips Membuat Sinopsis Novel yang Menarik agar Banjir Pembaca!

Tips Membuat Sinopsis Novel yang Menarik agar Banjir Pembaca!

Pernahkah kamu membeli novel karena tertarik setelah membaca sinopsisnya? Jika iya, maka apa yang membuatmu tertarik pada novel tersebut? Namun, selain hal itu, sebenarnya ada hal penting yang harus kamu tahu terlebih jika kamu adalah penulis, yakni  cara membuat sinopsis novel yang dapat menarik minat pembaca sehingga mereka memutuskan untuk membeli novelmu.

Untuk membuat pembaca tertarik membeli novelmu, maka kamu sebagai penulis sangat perlu menyajikan sinopsis yang dapat menarik perhatian mereka. Tonjolkan keunikan-keunikan yang ada dalam novelmu. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sinopsis dibuat sebagai pemandu yang memberikan gambaran ringkas tentang alur cerita dan daya tarik dari cerita tersebut.

Tips Membuat Sinopsis Novel yang Menarik agar Banjir Pembaca!

Dari uraian di atas, pasti kamu sedikit banyak memahami betapa pentingnya membuat sinopsis novel yang menarik agar novelmu dibanjiri para pembaca, sehingga tentu akan berdampak pada penjualannya. Nah, tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak pemaparannya di bawah ini!

Apa Itu Sinopsis?

Sinopsis novel merupakan ringkasan atau gambaran secara singkat isi cerita dari sebuah novel. Tujuannya ialah memberikan gambaran umum alur cerita, tokoh utama, konflik utama, maupun tema dalam novel. Sinopsis biasanya ditulis secara singkat dan padat, tetapi mencakup poin penting dari cerita tanpa memberikan spoiler yang mengungkapkan ending cerita.

Sinopsis juga seringkali digunakan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan novel kepada para pembaca ataupun penerbit. Melalui sinopsis, pembaca dapat mendapatkan gambaran tentang apakah cerita tersebut mampu menarik minat mereka atau sesuai dengan selera bacaan mereka.

Tips Membuat Sinopsis Novel yang Menarik

Sinopsis bukan hanya memberikan gambaran isi cerita dalam novel. Lebih dari itu, sinopsis dapat menjadi kunci yang menentukan apakah pembaca mau melanjutkan untuk membaca novel tersebut atau tidak. Oleh karena itu, ini dia tips membuat sinopsis novel yang menarik:

1. Tentukan hook

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan adalah penentuan hook. Hook adalah sesuatu di dalam cerita yang dapat menarik minat para pembaca. Hook dapat berupa kalimat pembuka yang langsung bisa menyihir pembaca hanya dengan membacanya sekilas.

Kamu dapat membuat hook dari penjelasan tentang kondisi tokoh utama atau latar tempat yang menjadi pusat cerita terjadi. Kondisi dua hal tersebut tentunya dapat langsung mempengaruhi inti cerita serta alur di dalam novel. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan kelebihan novelmu yang membedakannya dengan novel-novel lain yang memiliki kesamaan genre.

2. Merangkum isi novel

Tips kedua yakni merangkum isi novel. Tentu kamu sudah tahu ketika akan membuat sinopsis, maka kamu harus mengetahui keseluruhan isi dari novel tersebut. Setelah kamu sudah membaca seluruh isi novelmu, langkah selanjutnya kamu perlu merangkum keseluruhan isinya.

Kamu dapat memaparkan awal mula konflik yang tengah dihadapi tokoh utama. Untuk kemudian diceritakan bagaimana perjuangan si tokoh dalam menghadapi konflik tersebut. Namun, jangan terlalu detail agar pembaca tetap merasa penasaran.

3. Ceritakan sesuai alur

Tips membuat sinopsis novel selanjutnya adalah menceritakan sesuai dengan alurnya. Jika di dalam novel permasalahannya dimulai ketika perpisahan antara tokoh utama dengan tokoh lain yang berhubungan dengannya, maka kamu dapat mencantumkannya pada sinopsis novelmu.

Selalu usahakan alur pada sinopsis sesuai dengan alur cerita di dalam novel, jadi jangan sampai terbolak-balik. Hal ini penting agar pembaca tidak kebingungan, sehingga mereka tidak merasa tertipu hingga memberi label sinopsis tidak sesuai dengan isinya.

4. Sajikan secara singkat, padat, dan jelas

Dalam membuat sinopsis, jangan terlalu memaparkan isi cerita terlalu detail hingga berujung spoiler. Tetap ingat bahwa sinopsis adalah ringkasan, sehingga jangan menyajikannya terlalu rinci. Lebih baik sajikan secara singkat, padat, dan jelas, baik dari segi isi maupun penggunaan bahasanya.

Idealnya sinopsis hanya satu halaman saja, bahkan setengah halaman kertas HVS ukuran A4. Oleh karena itu, kamu sangat perlu menghindari penjelasan yang tidak penting agar tidak terlalu bertele-tele.

5. Tulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Tips terakhir dalam membuat sinopsis novel adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Bahasa yang sederhana adalah salah satu cara agar sinopsismu mudah dipahami oleh para pembaca. Kadang kala pembaca justru lebih nyaman ketika membaca sinopsis dengan bahasa yang sederhana, dibandingkan menggunakan diksi-diksi rumit.

Oleh karenaya, kamu perlu memastikan bahwa sinopsis novelmu menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami semua kalangan pembaca. Sebisa mungkin hindari berbagai istilah yang hanya bisa dipahami oleh kalangan tertentu. Tujuannya, tentu saja agar sinopsismu bisa dipahami dengan cepat, sehingga mampu menarik minat mereka untuk beralih ke isi novelmu.

Nah, itu tadi lima tips membuat sinopsis novel yang menarik agar banjir pembaca. Kelima tips tersebut sangat bisa kamu terapkan ketika akan membuat sinopsis agar lebih menarik, sehingga novelmu bisa dibanjiri banyak pembaca. Tetap semangat berkarya, semoga artikel ini membantu!

Tuliskan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Keranjang belanja

No products in the cart.

Return to shop